Apr 6, 2014 | By: Unknown

Part-Time di Ansan

Kerja part time...???
Awalnya gue gak kepikiran mau cari kerja di negeri Kimchi ini. Selain karena bahasa Korea gue yang belum lancar, gue juga uda dapet beasiswa yang terlalu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup gue di sini. Aseeekk... *nyombong nih ceritanya* haha. 

Tapi... suatu hari gue berubah pikiran. Ini kesempatan emas gue buat save money!!
Waktu gue kelas 3 SMA dulu, gue pernah nulisin sesuatu di secarik kertas dan gue tempelin di atas meja gue untuk penyemangat. Cuma 4 kata kok, "Travelling Arround the World". Gue pengen keliling dunia. Tiap gue liat tulisan itu di atas meja gue, selalu bikin gue nge-fly, menghayal kemana-mana seolah-olah gue uda pernah keliling dunia, lagi snorkling di Australia, snowboarding di Finlandia, shopping di Paris, maen ke istana-istana di Inggris, jalan-jalan sore di Jerman, duduk di bawah pohon sakura di Jepang, nonton konser K-POP di Korea, liet pemandangan di Swiss... padahal nyatanya gue lagi duduk manis di kelas sambil ngeliatin guru MTK gue ngejelasin x, y, dan z serta rumus-rumus yang memusingkan kepala lainnya. Jadinya, beginilah gue pada akhirnya. Karena terlalu banyak berkhayal dan nggak ngerti matematika, gue memilih untuk pindah haluan dan masuk ke jurusan IPS setelah lulus SMA. Haha...



Nah, berhubung gue pengen travelling lagi setelah balik dari Korea, gue pikir-pikir ada baiknya duit beasiswa gue ditabung aja. Sementara untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari gue, dananya dari gaji kerja part-time gue. Oke, gue niatin gue pengen kerja part-time jadinnya. Cuma bermodalkan nekat yang gue punya. Karena rata-rata kalo mau kerja part-time di sini harus bisa bahasa korea, sementara gue baru lancar ngomong "saranghaeyo" doang. haha..

Nah, minggu kemaren pas weekendnya tumben banget gue bangun pagi. Seperti uda jadi kewajiban, bangun tidur gue langsung buka FB, email, dan jejaring sosial lainnya. Eh, nemu gosip iklan di FB katanya Dude ama Alyssa udah nikah. Gak penting banget sebenernya kerjaan gue waktu itu, akhirnya gue kepoin Dude ama Alyssa dan ternyata emang bener, mereka uda nikah. Huaaa.... gue langsung ngejlebb. Mereka so sweet banget. Apalagi Alyssa, beruntung banget bisa nikah muda. Dan pikiran gue langsung melayang-layang gak karuan. Seperti biasa, daya imajinasi gue terlalu tinggi sehingga terlalu banyak menghayal yang gak penting. Karena gue gak mau keterusan ngejleb karena masih berstatus single, akhirnya gue lari ke kamar mandi. Bukan buat nangis tersedu-sedu sih, gue pengen nyuci soalnya gue lupa uda ngerendem baju dari tadi, hehe.

Selesai nyuci, kebetulan banget Mbak Candri katolk gue. Besok minggu ceritanya kita mau maen ke Museum nih, cuma ternyata dia ditawarin kerja jualan pulsa di Ansan dan akhirnya rencana kita ke museumnya dibatalin. Yang ditawarin kerja sebenernya Mbak Candri doang sih, cuma gue pengen ikutan aja ke Ansan, sekalian jalan-jalan batin gue. Denger-denger, di Ansan banyak banget restoran Indo, dan orang-orang Indo juga banyak yang kerja di sana. Jadi, itung-itung gue ke Ansan buat nemenin Mbak Candri sekalian jajan dan nyobain masakan Indo di sana.

Minggu besoknya, gak pake mandi (karena udara dingin ditambah gue nya juga uda telat), kita berangkat pagi-pagi dari Chuncheon. Untuk ke Ansan, dari Chuncheon memakan waktu 3 jam dan kita harus gonta-ganti kereta. Kita berdua nggak pernah jalan-jalan sejauh itu sendirian sebelumnya, cuma dengan bermodalkan aplikasi subway di HP, kita nekat buat berangkat ke Ansan. Untungnya nyampe dengan selamat di Ansan dan pertama kali yang gue liet di Ansan adalah...... orang jawa ada di mana-mana -____-. Gue jadi ngerasa lagi ada di Semarang, bukan di Ansan. 

Gak lama kemudian, Kak Eneng, mahasiswi dari Indonesia yang nawarin kerja ke Mbak Candri dateng terus ngajak kita ke counter tempet dia kerja. Kita masuk ke underground dan suasananya mirip banget kayak di Pasar Johar, bau ikan, bau sayur-sayuran, dan segala jenis bau ada di situ. Belum lagi diputerin lagunya Kangen Band. Klop!! Mirip banget kayak di Indo. Tapi yang jadi pertanyaan gue, gak apa-apa muterin lagu Indonesia, tapi kenapa yang diputerin harus lagunya Kangen Band??? -,-

Mbak Candri udah dijemput bosnya (bosnya orang Korea) dan dia harus jualin pulsa ke orang-orang indonesia, jadi Mbak Candri gak perlu ngomong pake bahasa korea karena targetnya orang-orang Indo. Sementara gue ditawarin kerja di salah satu counter yang ada di Mallnya Ansan. Mallnya di sebelah stasiun Ansan ternyata. Dan bosnya orang Korea. Tugas gue, cuma duduk disitu dan nawarin HP ke pembeli. Parahnya, bos gue gak bisa bahasa inggris dan gue harus memutar otak untuk memahami apa yang dia omongin. Jadinya gue pake kalkulator sebagai alat bantu untuk nanya harga hp nya berapa. Dan begitu seterusnya. Beruntungnya, dengan kerja part-time begini lama-lama ngebantu gue untuk bisa bercakap-cakap dalam bahasa korea. Meskipun baru nyoba sehari, tapi gue menikmati kerjaan gue. Yang dateng ke counter HP tempet gue kerja macem-macem jenisnya. Ada yang dari Indonesia (dan gue pada akhirnya ngomong pake bahasa Jawa, bahasa Palembang, dan bahasa bences juga karena ternyata di Korea ada juga banci Indonesia T__T), ada yang dari Bangladesh, Nepal, India, Vietnam, Thailand, Argentina, banyak macemlah jenisnya. Ada juga yang dari korea (ya iyalah), China, dan Jepang. Dan gue rempong sendiri harus gonta-ganti bahasa ke setiap pembeli yang dateng. Pengalaman gak enaknya, gue sempet digodain cowok dari Bangladesh. Nyebelin banget, dia sampe nanya-nanya segala kapan gue pulang kerja dan mau nungguin gue diluar buat makan bareng. Untungnya dia dimarahin bos gue. Syukurlah, meskipun keliatan cerewet, tapi ternyata bos gue baik juga. Dan setelah jam 8 malem gue pamit pulang. Gue pikir, gue cuma kerja buat sehari itu aja, tapi ternyata bos gue minta gue buat balik lagi untuk kerja di sini ^_^.

Gue seneeeeng banget. Gue dapet banyak pelajaran berharga hari ini. Nyari duit emang nggak mudah dan gue jadi tahu rasanya banting tulang demi sesuap nasi itu gimana. Gue juga bahagia, karena gaji pertama gue bisa gue pake buat makan seminggu di sini. :))

Jam setengah 9 malem, gue, Mbak Candri, dan Kak Eneng ngumpul di Stasiun Ansan buat pulang bareng ke Chuncheon. Dan kita nyampe di asrama pukul 12 malem. Meskipun dengan kondisi yang lelah dan laper, gue bersyukur bisa diberikan rezeki oleh Allah terutama tentang pelajaran hidup :)

Dan malem itu, gue makan uda kayak orang kerasukan -_-. Temen sekamar gue sempet khawatir liat gue makan banyak banget, hehe. Tapi mereka ngerti kalo gue capek habis kerja part-time. Dan akhirnya gue bagi-bagiin ayam goreng gue ke mereka. :)

Dan minggu ini, sebenernya jadwal gue kerja. Tadi pagi gue udah ditelfon bos gue dan juga partner gue Geul Eonni, dia dari Vietnam. Tapi karena gue bangun kesiangan  plus kecapekan karena baru balik dari Seoul kemaren, akhirnya gue off dulu. (T_T). Minggu depan gue janji bakal masuk kerja lagi. ;)





8 comments:

Anonymous said...

halo.salam kenal saya Caroline dr Indonesia jg nih...wah asik banget bgt dapet kerjaan part time..saya jg lagi nyari nih..denger2 di Ansan banyak ya yang nyari kerjaan? saya skrg lagi belajar bahasa korea di Seoul National Univ n lagi break nih lumayan kan kalau bs dapet part time^^ kapan2 kalau sempat ketemuan yah.....

Unknown said...

Banyak gak sih kerja part time di korea? Selain tutor bhs inggris? Trus dibayar brp kalo part time!

Ikhwan Muhammad Iqbal said...

Assalamualaikum.
Keren mbak kisahnya.
Saya ingin tanya nih seputar part time di Ansan, karena kebetulan saya sedang exchange ke korea tapi saya punya kendala bahasa korea saya masih kacau. Kira - kira mbak punya saran atau mungkin punya link yang bisa membantu aku untuk mendapatkan part time job di Ansan :)
Terima kasih :)

Anonymous said...

Haiii :)
Hai boleh kenalan gak?
aku berniat mau ikut program student exchange nih, kamu mau gak bagi cerita ke aku ? hehehe
di tunggu ya balesannya :)

yuvita.mulanda@gmail.com said...

Wah, benar - benar berharga..
saya jadi ikut seneng bacanya, kak ^^

Mau tanya dong..
Kakak dapet beasiswa nya dari kedutaan korea kah?
Mau dibagi caranya dong, kak... :D

Unknown said...

Hello, aku mau tanya dong gaji part time di Korea per jam nya berapa ya? Terus kalo visa nya bukan D2 susah ga ya buat cari part time? Makasih. ^^

Unknown said...

Thank You. RezaChord - Kumpulan Belajar Chords Kunci Gitar Pemula Lengkap

Unknown said...

kak, dulu dapat beasiswanya gimanaa kak

Post a Comment