Apr 25, 2014 | By: Unknown

Wide Awake

Semakin lama tulisan ini samakin gak karuan. Tapi yah, sudahlah. Gue nulis terlebih cuma buat gue sendiri. 
Sekarang gue lagi di kamar. Sendiri. Temen sekamar gue gak pulang. Biasa, minum. Dan gue selalu terjaga hingga jam 2 pagi. Sebenernya gak ada alasan penting kenapa gue masih terjaga hingga dini hari. Gue cuma nggak mau tidur cepet. Gak mau pas gue bangun, gue ngerasa waktu gue cepet banget berlalu. Yah... seperti yang gue rasain sekarang. Tinggal 2 bulan lagi gue tinggal di sini.

Gue harus seneng atau sedih?

Entahlah

Gue gak yakin. Tapi gue bener-bener menikmati kehidupan baru gue di sini.

Udah lama memang gue gak posting cerita seputar perjalanan gue tiap weekend di sini. Sebenernya pengen gue rampungin jadi satu pas gue udah selesai mid-term entar. Ya, sekarang gue lagi masa-masa ujian. Sebenernya gue lagi belajar, cuma karena ada sesuatu yang membludak makanya gue putusin buat nulis aja di blog. Kadangkala, gue ngerasa blog ini adalah satu-satunya pendengar setia gue. Dan tiap gue punya masalah, yang gue butuh cuma nulis. Nulis apa yang gue suka seolah-olah gue sang sutradara yang bisa ngatur jalan cerita untuk masalah gue. Drama banget memang. Mungkin ini juga yang terkadang bikin kepribadian gue yang penuh dengan hal-hal imaginer. Tapi gue suka. Gue suka beda dari yang lain. Gue suka terkesan agak weird. Gue suka jadi diri gue yang memang seperti itu. Tanpa harus dibuat-buat supaya dicap sebagai cewek cool.




Tapi terkadang, di dunia ini gue udah jarang nemuin hal yang natural. Semuanya buatan. Banyak yang fake. 

Apa sih gue?


Ya, gue lagi pengen ngomong gak jelas malem ini.
Anggep aja gue lagi ngigo di pagi buta ini. Jadi gak usah ditelusuri maksud gue nulis begituan, haha.

Gue lagi pengen ngomong aja. Selain karena kepala gue udah keruh ama materi INCOTERMS, contract, dan kawan-kawannya, gue juga pengen ngerefleksiin perasaan gue malem ini...

Gue rada sedih sih waktu liat kalender, tau-tau udah tinggal 2 bulan aja gue di sini.
Gue pengen di sini terus...
Gue nggak tau kenapa.
Gue ngerasa nyaman aja.

Terlebih cara gue belajar di sini.
Entah kenapa, di kampus gue yang di Semarang, gue selalu ngerasa gak semangat. Jenuh. Monoton. Meskipun setiap hari perkuliahan paling hanya memakan waktu 2-3 jam, tapi gue jenuh total. Gue selalu ngerasa lelah tiap kali gue pulang ke kosan. 

Tapi di sini? Gue belajar dari jam 9 pagi sampe jam 6 sore. Cuma ada jeda 2 jam buat gue sholat ama makan siang. Tapi gue nggak lelah. Gue menikmati setiap materi yang dikasih profesor di kelas. Gue seneng. Terlebih karena kondisi kelas yang menyenangkan. Gue foreigner, pake jilbab, dan otomatis penampilan gue beda sendiri. Awalnya gue ngerasa mereka bakal nganggep gue aneh, tapi ternyata mereka welcome ama gue. Gak ada yang ngerasa punya kasta paling tinggi dan milih-milih pergaulan. Semuanya welcome. Gak ada gap. Dan ini yang bikin gue seneng. Mereka gak peduli dengan penampilan lo mau gimana, lo anak siapa, berapa harta kekayaan yang lo punya, lo pinter apa enggak, semuanya mereka temenin asalkan baik. That's all. Makanya gue ngerasa enak banget berada di lingkungan kayak gini.

Dan ini... ini yang sulit gue temuin di lingkungan kelas kampus gue yang sebenernya :/

Makanya, gue rada nggak rela setelah tau 2 bulan lagi gue bakal balik. 
Ntahlah, gue sering gak jelas. Gue pengennya sih berlama-lama aja di sini. Haha. Meskipun banyak yang komentar kalo pelajar di Korea banyakan yang stres dan depresi, itu gak masalah buat gue. Gue acungin 4 jempol sama pelajar Korea di sini. Mereka belajarnya emang gila-gilaan. Tapi itu bukan masalah buat gue, karena kita berkompetisi dengan fair. Mereka memang bener-bener nunjukin kemampuan mereka apa adanya. Sekali lagi, bukan fake seperti yang gue bilang. Murni dari hasil kerja keras mereka. Makanya gue suka.

Mungkin untuk Indonesia sendiri terkenal dengan tingkat kebahagiaan pelajarnya yang paling tinggi. Wajar saja menurut gue, karena dari apa yang udah gue amati selama ini, untuk memperoleh nilai yang memuaskan tak perlu begadang ataupun sampe tidur di perpustakaan. Cukup dengan membuat catatan kecil serba guna, di handphone, kertas, atau apalah, maka nilai memuaskan sudah pasti ada di tangan. Membahagiakan? Memang. Dan itulah pelajar Indonesia. Mungkin gue agak sedikit frontal ngomong hal beginian, atau mungkin gue terkesan sok suci seolah-olah gak pernah melakukan hal yang sama. Tapi gue berani bilang, kalo gue bukan tipikal yang demikian. Sudah sejak lama gue menjauhi cara-cara seperti itu, terlebih ketika gue sadar kalo gue gak suka "kepalsuan". *aseekk* (pasang muka serius)
Gue berusaha membangun mental gue untuk menunjukkan diri gue apa adanya. Memang susah, dan selamanya gue akan terus belajar. Tapi gue mencoba untuk melakukannya dari hal yang paling dasar.




Gue gak ngerti kenapa gue jadi ngomong beginian?



Yah, kembali ke awal. Ada beberapa hal yang gue suka dari Korea terutama ya itu tadi, sistem pendidikan dan mental para pelajar yang memang berjuang memang atas dasar kemampuan mereka. Sekali lagi, gak fake.

Dan ini sisi positifnya yang bikin gue betah belajar di sini.


Untuk ke depannya, gue jadi mikir. Setelah gue balik ke Indonesia, gue pengen nyelesain S1 gue secepat mungkin. Kemudian, gue bakal balik lagi ke Korea. Kerja di sini, dan pengen membina kehidupan (dengan seseorang yang entah siapa dan dari mana) di sini. Entahlah, untuk sementara itu yang jadi impian gue. Meskipun gue cuma punya sisa waktu 2 bulan lagi, tapi gue janji gue bakal balik lagi ke Korea suatu saat nanti :)





(N.B Maafkan tulisan gaje gue untuk malam ini T_T)








0 comments:

Post a Comment