Mar 5, 2014 | By: Unknown

Transit Into The New Life

Well...
Ini udah hari keberapa ya? Emm...kurang lebih lima ato enam hari deh gue menetap di Chuncheon. Belum nyampe satu minggu sih.. tapi gue ngerasa kok, gue seneng aja ama negeri kimchi satu ini. So friendly.. fresh.. and tasty... *pasang gaya kayak iklan di TV* (lu kate nawaring produk makanan, cha? -,-) Haha... serius. Gue ngerasa seneng di sini... bukan sarkastik ya... sampe-sampe gue lupa udah berapa hari gue di sini soalnya hari-hari gue di sini berlalu cepet banget...


Chuncheon...




Hari pertama...
Gue sampe pukul setengah tiga pagi dini hari di Kangwon National University. Di mana waktu itu suhunya lagi ekstrim-ekstrim banget dinginnya dan sepatu gue harus bernasib mengenaskan karena sol nya lepas -_-. Untungnya gue udah sampe asrama Nanjiwon dan dapet kamar 107. It means, kamar gue ada di lantai 1 dan gue gak perlu rempong ngangkutin koper gue karena kamarnya deket banget ama pintu masuk. Strategis. Deket ama dispenser, kamar mandi, ama mesin cuci juga. Setelah registrasi fingerprint gue langsung ngibrit masuk ke kamar asrama gue... Huaa.. angetnya.
Kita sekamar 4 orang. Dan waktu gue masuk kamar, ternyata temen gue udah dateng satu dan dia lagi tidur. Kamarnya cozy, dengan 4 tempat tidur tingkat, 4 meja belajar yang kece banget menurut gue, lemari pakaian gede untuk masing-masing anak, dan satu lemari sepatu. Gue milih tempet tidur di bagian atas dan langsung memejamkan mata dengan indahnya.. *halah*

Paginya... temen gue udah bangun. Gue.. rada-rada kagok gitu ngomongnya gimana. Akhirnya gue sapa dia. Pake bahasa Inggris. Namanya Hyan Young. Bahasa Inggrisnya rada kurang, jadi gue susah komunikasi ama dia. Akhirnya... percakapan pagi itu dipenuhi dengan tertawaan gue ama Hyan Young yang bingung mau ngomong pake bahasa apa. Haha.. gokil. 


Pagi itu juga, eh, siang itu juga maksudnya (soalnya gue bangunnya siang dan di chuncheon gue gak bisa bedain mana pagi, siang, sore, soalnya warna langitnya sama -,-) gue langusng nyetil sok kece. Berhubung lagi musim dingin, gue langsung pake coat dilapisi jaket tebel, dilengkapi ama syal dan kupluk. Sip. Langsung dah pencet-pencet HP dan selfi di dalem kamar berhubung Hyan Young nya lagi mudik ke rumah. Haha... 

Gue ama Mbak Candri janjian keluar bareng mau jalan-jalan ke sekitaran kampus. Terus jepret-jepret sana sini. Tapi kok, gue ngerasa kayak saltum gitu soalnya orang-orang di sini gak ada yang ekstrim sampe make scraf ama kupluk kayak gue. Jadi akhirnya gue lepas perlengkapan musim dingin itu dan masukin ke dalam tas. Tapi.. gila. Dinginnya nendang broo... sumpah. Gue gak tahan. Cuma... gara-gara gak mau dikata freak ama orang Korea, akhirnya gue rela tangan gue ampe merah saking dinginnya. T_T

Tiba-tiba pas gue ama Mbak Candri mau selfi di bangku taman, ada sekelompok cowok-cowok berwajah oriental yang nyapa kita terus ngedeketin. Gue kaget. Takutnya kita, yang muka ama kostumnya beda sendiri ini, mau dibully ama mereka. Atau... karena muka gue yang ndeso ini bikin mereka ngerasa terganggu liat gue jeprat-jepret sana sini?



Ternyata...
Gue gak percaya pas mereka manggil kita dan bilang, "Kalian exchange student dari UNDIP kan ya?" Loh..loh.. loh.. gue langsung melongo. Ehh...  Mereka orang Indonesia juga toh.? Tapi serius deh. Perawakannya udah kayak penduduk lokal. Gue pikir mereka cowok korea. Mana tinggi, kurus, dan semuanya berkulit putih oriental. Mereka ternyata kuliah di KNU juga, dan semuanya udah ambil Master. Akhirnya kita diajakin mereka breakfast bareng dan dipilihin makanan yang halal. Canggih deh. Bahasa korea mereka udah fasih banget. Dari penemuan gue pagi itu, gue dapet kesimpulan kalo semakin lama tinggal di korea kayaknya mukanya juga bakal menyerupai orang Korea... *halah* (kalo ini gue yang ngarep, haha)
Sembari jalan kaki pulang menuju dorm, gue teriak-teriak (teriak dalem ati sih.. hehe), hati gue teriak-teriak kenapa orang Indonesia yang di Korea mukanya uda kayak korea semua sihh...T___T



Malemnya... kita jalan lagi bareng kakak-kakak yang dari Indonesia. Sebelum belanja perlengkapan sehari-hari di Lottemart, kita mampir bentar buat makan tteoppoki dan gorengan ala korea. Enaaaakk banget. Spicy. Tuh kan, kalo nulis tentang makanan bikin gue jadi laper beneran nih... Gue nggak bisa nulis secara gamblang detail rasa dan komposisi makanannya gimana soalnya gue bukan Pak Bondan yang tau segala jenis makanan hanya dengan satu cicipan. So.. gue cuma bisa bilang kalo rasanya enak! Dijamin halal soalnya gak ada unsur dagingnya.. tapi.. Allahu a'lam juga ya.. semoga aja gak pake kandungan macem-macem.

Oh ya... FYI... yang bikin gue bahagia dan ngerasa langsung klop banget ama kota ini karena di sini dikitttt banget yang pake motor. Kendaraan yang paling sering gue liet cuma kendaraan umum kayak bus ama taxi. Palingan juga sepeda kalo kendaraan pribadinya. Jadi, udara di sini seger banget. Kebanyakan yang gue temuin para pejalan kaki dan kita-kita juga kalo mau kemana-mana harus terbiasa jalan kaki. Berhubung gue di Indo juga nggak bisa bawa motor, dan emang udah kebiasa jalan kaki kesana-kemari, jadi pola hidup seperti ini udah biasa menurut gue dan gue seneng banget. Ditambah lagi, bagi para penyebrang jalan udah disedian lampu khusus pejalan kaki. Jadi, kalo kita mau nyebrang jalan, gak peduli jalannya sepi, kita harus tetep nungguin lampu pejalan kakinya berwarna ijo dulu baru kita boleh nyebrang. So.. buat makhluk-makhluk yang sulit dalam hal sebrang-menyebrang *nunjuk diri sendiri* tinggal di Korea cocok banget karena kita gak bakal kesulitan kalo mau nyebrang jalan ;)


Hari kedua...
Gue baru bikin akun kakao talk. Soalnya di sini trend nya pada komunikasi lewat kakao talk. Gue di sini komunikasi cuma ngandelin wifi di sana-sini. Emang bener, di korea emang rajanya sinyal kenceng. So.. tiap gue berhenti di toko ini, warung itu, ato di bangunan mana aja, gue selalu ngandelin wifi untuk komunikasi. Jadi gue nggak perlu ngisi pulsa buat beli paket internetan karena di sekitar gue bertebaran wifi everywhere.. haha... 

Hari ini, dua temen sekamar gue udah datang. Yang pertama, Su Bin. Dia dari kota Tebe. Lucuuuuu banget. Gaya dan pembawaannya mirip banget ama temennya Bo Boho yang potongan rambutnya kayak Dora. Meskipun gitu, bahasa inggrisnya lumayan. Gue paling seneng ngomong ama dia. Karena bahasa inggrisnya bagus... jadinya dia gue kasih bonus Indomie rebus rasa kaldu ayam, haha.. Soalnya dia bilang suka banget ama cikin. Cikin itu chicken maksudnya, dan orang korea emang bilangnya cikin. hihi.... Gue juga dikasih minuman kaleng rasa anggur ama bokapnya Su Bin

Yang kedua, Hye Yeon. Emm.. penampilannya.. dari luar kayaknya pendiem. Dan ternyata dia emang kalem! Rambutnya lurus panjang dan pake poni. Waktu dateng ke kamar mukanya kelihatan sembap. Ketara banget nggak mau pisah ama nyokapnya, soalnya baru pertama masuk asrama. Padahal dia dari Incheon, dan itu dua jam doang dari Chuncheon.  Lugu sih dia... dan bahasa inggrisnya juga sama lugunya kayak penampilannya. Jadinya gue ikut-ikutan lugu kalo ngomong ama dia #apasihgue???

Oh ya, temen sekamar gue isinya pada maba semua. Padahal mereka seumuran ama gue.
Hyan Young yang udah duluan dateng sebelumnya hampir tengah malem baru balik ke asrama. Dia asalnya dari Gwangju. Kalo Hyan Young ini... menurut gue dia modis sih, soalnya yang gue liat alat make up di rak bukunya banyak banget. Dan, ketiga temen gue itu, di tiap meja belajarnya pasti ada cermin, catokan cambut, ama hairdryer dan seperangkat alat make up yang gue gak tau fungsinya buat apa aja soalnya banyak banget jenisnya. Kalo rak buku gue?? Isinya jarum pentul doang -__- cermin aja nebeng.


Hari Ketiga....
Emm.. sepertinya gue rada-rada lupa apa yang gue kerjain ya?  Oh.. iya! Kita ada orientasi buat mahasiswa internasional. Jadi, mahasiswa international dari mana aja kumpul di Gedung 60th Anniversary di depan centre ground KNU untuk mengikuti kegiatan OT. Dari yang undergraduate, postgraduate, research student, ampe yang exchange student kayak gue kumpul jadi satu. Mereka dari berbagai negara. Yang dari Indo ada 6 orang, tiga exchange student, 1 orang yang ambil S2, dan 2 orang yang ambil S3, selain itu ada juga dari Mongolia, Brazil, Peru, Ceko, Russia, Cina, Jepang, Argentina, Vietnam, dan banyak lagi gue gak sempet buat nyensus mereka satu-satu. Gue berasa feel internationally banget. Orientasi nya juga asyik. Di awal, kita disuguhin MV Girl's Day yang judulnya Something. Haha.. apa juga maksdunya gue gak tau. Terus kayak briefing gitu dan akhirnya kita foto-foto bareng. Setelah itu mahasiswa internasional selain dari China pindah ke lantai 8 untuk menerima materi terkait kehidupan di Chuncheon dan KNU. Kita dikasih maps, living guide, souvenir, pulpen, dan macem-macem. Awalnya pikir gue bakal dikasih kue, ternyata dikasih notes. Haha.. gue emang cepet banget laper di sini. Emm.. sebenernya nggak di Korea juga sih, everywhere gue emang selalu ngerasa laper, hehe.
Dan well... bagaikan kejatuhan duren montong dari langit ketujuh!! Setelah orientasi, yang gue juga gak berasa apa-apa karena cepet banget menurut gue, kita semua naek bus KNU bareng-bareng buat dinner di Mr. Pizza. FREE...!!! Uuuu.... Gue paling hepi kalo ada unsur gretongannya. Semangat banget gue naek bus. Langsung milih tempet duduk di belakang supir biar strategis. Kata buddy gue, Mr. Pizza itu pizza yang paling elit dan mahal di Korea... Wow. Tambah excited gue.


Udara malemnya dingiiin banget...
Gue gak tahan. Rasanya muka gue kayak ditampar-tampar pake balokan es yang dipake buat ngawetin ikan. Tapi... sudahlah. Yang penting makan gratis. Lokasi Mr. Pizza ternyata di daerah Myeondong, itu sejenis Malioboro kalo di Jogja, atau kayak pasar Johar kalo di Semarangnya, tapi jauuuhh lebih elit Myeondong lah.. hehe. Pengen banget gue beli coat, boots, jaket, dan syal yang lucu-lucu. Tapi apa daya... hiks... duit GKS gue belom cair nih, hiks. Jadinya gue tahan aja dulu sampe beasiswanya cair. Setelah itu gue bakal borong tu semua baju-baju unyu!! (sadar cha... sadar... jangan laper mata)


Nyampe di resto gue ngerasa anget. Beda banget kehidupan gue di sini ama di Tembalang. Kalo di Tembalang, nyari mall, ATM, atau toko swalayan lainnya tujuan utamanya cuma satu, buat ngadem. Soalnya di Tembalang naudzubillah banget panasnya. Kalo di Korea... nyari warung makan, swalayan, ATM, atau bahkan mall, tujuannya juga satu, pengen menghangatkan diri. Soalnya diluarnya naudzubillah banget dinginnya... Sampe minus lagi.

Oya.. satu meja dikasih dua piringan pizza guedee banget. Gue sampe masuk angin karena kebanyakan minum cola. Belum lagi tadi gue nambah makan yogurt ama salad. Mumpung gratis nih, haha. Setelah itu, masing-masing buddy bertugas buat ngenalin kita-kita di depan para mahasiswa lainnya. Gue ngerasa jadi yang paling istimewa. Soalnya, di antara lautan manusia di tempat pizza ini cuma gue yang pake jilbab.
Temen semeja gue, ada dua orang yang dari Argentina. Namanya Frans dan Matias. Mereka akhirnya nanya-nanya tentang hijab dan islam ke gue. 


Selesai dinner, sebelum pulang menuju bus, kita semua baris berbaris. Satu persatu saling salam-salaman satu sama lain sambil bilang "Nice to know you". Sejenis halal-bihalal gitu.. Kalo di Asrama Pemali mah, sering banget acara salam-salaman begini. Oya... berhubung mahasiswanya juga banyak, gigi gue sampe ngilu gara-gara nyengir mulu tiap salaman ama mereka. Tau sendiri lah, suhu di sini dingin bro...

Well.. dan kita balik ke dorm dengan perasaan hepi. Hepi kenyang, hepi gretongan, ;D


Hari Keempat...
Hari ini kita uda mulai ngurusin administrasi. Mulai dari medical check up buat asrama, bikin ARC (Alien Registration Card), bikin account bank, dan daftar asuransi. Oya.. registrasi kelas juga. Ditemenin buddy kita yang setia, Oppa Kim Chul Hui, kita wara-wiri ke sana kemari. Oh ya... gue mau cerita tentang buddy gue aja deh.
Jadi.. buddy itu tugasnya buat bantu mahasiswa exchange di sini untuk lebih memahami culture di sini, bantuin ngurus administrasi di sini, juga ngenalin tentang kegiatan dan kehidupan di sini. Gue ama Mbak Candri dapet buddy yang sama. Namanya Kim Chul Hui. Dia usianya 22 tahun. Dua tahun di atas gue. Jadi, biar sopan, gue manggil dia Kim Oppa atau nggak sunbae (aihh... gue berasa kayak di drama-drama korea) sementara Mbak Candri, karena mereka seumuran, cuma manggil Kim aja. 

Gue beruntung banget dapet buddy kayak dia. Selain karena dia baik, sopan, anggota club militer, bisa maen gitar dan piano, suaranya bagus, juara lomba renang, bisa main ice skating, (gila, multitalented emang dia), dia juga ambil jurusan sastra Perancis jadi dia kalo ngomong ama gue kadang seringnya pake 3 bahasa, bahasa korea, inggris, dan perancis. Padahal gue juga nggak ngerti apa-apa bahasa perancis ama korea -_- Gue apprecaiate banget ama buddy gue, karena jarang banget orang korea yang bahasa inggrisnya bagus, sementara dia bisa nyebutin huruf "R" dengan sempurna. Apalagi waktu OT kemaren, semua buddy diminta untuk maju dan memperkenalkan diri di depan. You know guys... gue gak bohong kok, dan ini juga bukan penilaian subjektif, buddy gue yang paling keren di antara semua buddy. Haha... soalnya waktu perkenalan di depan, dia doang yang pake bahasa inggris, selain itu waktu itu dia juga pake seragam militer, jadi ketara banget kerennya...

Aaaa... gue ngebayangin. Kalo temen-temen gue ada di sini saat itu, gue yakin mereka semua pada melting meskipun suhu di ruangan ini dingin banget. Haha



Ini gue ama buddy gue di Mountain Cafe sebelum orientasi,
dia nraktirin kita cherry juice :)

Selain itu dia juga ekspresif banget. Lucu kalo dia lagi shock atau lupa, dia bakal hebring sendiri. Tapi buddy gue ini banyak tanya -,- Dia nanya berapa banyak hijab yang gue punya? Kenapa gue selalu gonta-ganti hijab tiap hari? Kenapa gue pendiem banget? Kenapa gue sering gak fokus? Kenapa nama gue di email pake "y" bukan pake "i"? Kenapa gue excited banget ama yang murah-murah?
Helloo....??? Gue kadang-kadang gemes juga ditanyain begitu. 

Dan semua pertanyaan dia gak ada yang gue jawab. Haha..
Waktu gue registrasi buat asuransi juga, buddy gue satu ini kepedean banget. Yah.. I see. I know lah, banyak temen-temen gue yang bilang dia cute. Bahkan petugas di International Affairs juga bilang kalo buddy gue itu nice-looking guy di Korea. Gue kan mau motoin layar di komputer buat nge-capture account rekening bank untuk pembayaran asuransi gue. Nah, gue nggak sengaja ngarahin ponsel ke jendela soalnya gue nggak keliatan icon camera nya di mana. Eh.. dia malah ngira gue mau motoin dia. Terus dia langsung bilang ke gue, "Not me, not me, picture the screen"

Gue :


Gemesin banget ni orang.
Setelah itu kayak gak ngerasa bersalah karena udah kepedean, dia langsung ngambil gitar terus nyanyiin lagu Gangnam Style versi accoustic. Gue cuma bisa bengong... -,-



Hari Kelima

Kita janjian mau makan siang bareng Kak Kelvin, mahasiswa Indonesia yang ambil jurusan bahasa korea di KNU. Hari ini... biasa aja sih. Gue cuma makan, jalan, online, itu doang sih pekerjaan gue. Soalnya gue baru mulai awal perkuliahan minggu depan. Di sini cepet banget waktunya. Gue bangun-bangun udah jam 10, jalan bentar buat beli makan, pulangnya udah jam 7 malem. Makanya gue sering nggak ngerasa apa-apa kalo di sini. Oya, gue mau cerita tentang asrama gue. Di sini yang bikin gue agak kurang srek, karena :

pertama : 

Kamar mandinya nggak pake pintu, tapi pake kain. Selain itu sekatnya bukan dinding, tapi kaca! Gue waktu pertama kali mandi di sini, bawaannya was-was mulu, takut tiba-tiba ada angin terus kebuka deh tu kain. Atau, kalo tiba-tiba ada temen yang iseng terus ngebukain kainnya gimana? Kan berabe tuh?? Gue nggak bisa tenang kalo mandi. Itu awalnya... tapi lama kelamaan gue kebiasa juga. Soalnya kalo mandi gue selalu pake shower air anget. Jadi enak aja gitu di kamar mandi. Setelah gue itung-itung, tiap kali gue mandi, butuh waktu kurang lebih sejam. Soalnya gue bener-bener menikmati pas di kamar mandi, selain karena anget, juga pake shower jadi asyik. *udiknya kumat*

kedua :
WC di sini dipisah dari kamar mandi, dan itu cuma disediaan tissue. No water! Gue nggak ngerti kenapa orang-orang di sini betah cuma pake tissue aja. Untuk yang satu ini, sampe detik ini gue belum kebiasa MCK pake tissue doang. Jadi di sini, gue nyediain dua gelas. Satu buat minum, satu buat MCK. Tiap ke toilet gue selalu bawa gelas untuk ngebersihin, karena gue nggak sanggup kalo cuma pake tisu doang T_T


Oh ya... di sini juga gue rada sulit untuk membedakan orang, apalagi temen-temen yang cewek, soalnya wajah mereka mirip semua -,- Gue rada-rada bingung kalo mau nyapa. Dan, mereka juga selalu  menghindar kalo mau gue sapa. Soalnya, mereka sulit kalo ngomong pake bahasa inggris. Paling kalo ketangkep ama gue buat diajak ngobrol, mereka cuma bisa ketawa-ketawa karena gak tau bahasa inggrisnya apa -_-. Jadi gue lebih memilih diem aja daripada nyusahin mereka buka-buka kamus dulu kalo mau ngomong ama gue.

Well...
So far
kehidupan gue bener-bener luar biasa.
Gue nggak pernah ngebayangin tahun ini gue bakal dapet pengalaman hidup yang bener-bener berharga. Dan di sini gue...
Di atas tempet tidur gue yang menghangatkan, sambil nungguin temen sekamar gue pulang ospek, dengan seperangkat laptop yang nemenin aktivitas perkepoan gue.

See ya.. ;)


1 comments:

Unknown said...

Jadi iri gue bacanya,,,dnger critanya smpai hari ke 5 aj uda bkin gue penasaran, pengen nginjak kaki gue dsna. Semoga hari2 mu dsana tmbah menyenangkan lagi ya dec,,,Bkin tmbah penasaran hari2 slnjutnya.
Tpi untuk masalah MCK dan kmar mandi nya bner2 bkin was2...hehe
wah,,,foto buddy nya dipejengin, hehe,,,
Trnyata suka gretongan ni, hehe,,,
Pokok critanya seru deh,,,Ditunggu kelanjutannya ya,,,,

Post a Comment