Feb 23, 2014 | By: Unknown

A Long Journey to Dreamland

Hari Minggu... H-4 menuju keberangkatan gue ke Korea.

Gue gak nyangka. Sama sekali gak nyangka mimpi gue bakal terwujud secepat ini. Ya, memang sejak SMP gue udah mengidam-idamkan kuliah di luar negeri. Seperti yang uda gue ceritain di postingan ini, kemana aja boleh, asalkan judulnya keluar negeri.

Waktu itu gue sekolah di MTs. Bahrul Ulum, atau ngetopnya sih Islamic Centre. Itu boarding school, jadi gue sejak lulus SD udah tinggal di asrama. Kita cuma boleh pulang setahun dua kali dan itupun kita gak dizinin buat bawa HP atau alat elektronik lainnya.

Lulus dari Islamic Centre, cita-cita gue pengen lanjut ke MAN Insan Cendekia Serpong. Karena yang gue baca dari beberapa sumber, itu termasuk sekolah bonafide dengan prestasi-prestasi tingkat internasional yang cukup banyak. Sayangnya, gue gak jodoh buat ke Serpong, karena kepala sekolah gue telat ngumumin kita-kita yang lolos seleksi administrasi untuk melakukan tes tahap selanjutnya di Palembang. Akhirnya... kita digugurkan.

Jadinya gue menghabiskan tiga tahun masa SMA gue di SMA 1 Pemali, dulunya disebut SMAN 2 Sungailiat. Di sana juga gue tinggal di asrama, karena seperti yang uda gue posting di sini, kita yang terjaring sebagai anak-anak unggulan wajib tinggal di asrama. Semasa SMA peraturannya cukup longgar, setidaknya gue boleh bawa HP, laptop, nonton TV, dan pulang ke rumah tiap dua minggu sekali. 




Niat gue buat keukeuh keluar negeri gak hilang begitu aja. Denger kalo kakak tingkat gue yang dulunya dari sekolah yang sama berhasil exchange 1 tahun di Amrik, bikin gue jadi semangat buat ngikutin jejaknya. Gue akhirnya ikutan seleksi AFS region Palembang. Bareng beberapa temen gue, kita sepakat untuk mengadu nasib di sana. Bisa dibayangkan, orang tua gue waktu itu masih nggak setuju kalo gue ikut acara-acara begituan, apalagi tau kalo waktu untuk exchange selama satu tahun. Orang tua gue gak mau ngasih modal ke gue buat tes, tapi gue gak berhenti sampe di situ. Kebetulan waktu itu gue juga ikutan seleksi MTQ tingkat kabupaten cabang Fahmil (sejenis cerdas cermat). Alhamdulillah, tim gue keluar sebagai pemenang, dan duit yang gue dapet dari lomba itu gue pake buat ngebiayain keberangkatan gue ke Palembang.

Selesai tes tahap pertama, gue balik lagi ke Bangka. Berhubung tim gue sebagai pemenang MTQ tingkat Kabupaten Bangka, jadi kita yang terpilih untuk melanjutkan perlombaan ke tingkat provinsi. Alhamdulillahnya lagi, tim gue yang dinobatkan sebagai juara pertama, sehingga kita nantinya akan mewakili provinsi di tingkat nasional yang pada saat itu akan dilaksanakan di Bengkulu.

Gue seneng. Tapi di sisi lain gue bimbang. Ternyata gue lolos tes AFS tahap pertama dan seleksi tahap keduanya akan dilaksanakan pada tanggal yang sama saat gue mau lomba MTQ tingkat nasional. Satu yang cuma bisa gue lakuin saat itu. Speechless.
Gue menimbang-nimbang apa yang harus gue lakuin. Gue udah diberikan kepercayaan untuk mewakili Provinsi Bangka Belitung dalam Lomba MTQ tingkat Nasional, tapi di sisi lain gue pengen ngejar mimpi gue ke luar negeri.
Dan jawaban yang gue pilih.... gue akhirnya merelakan tes AFS gue dan kembali menggugurkan diri.

Tamat SMA gue lanjut kuliah di UNDIP, Semarang. Sengaja gue milih jurusan HI, karena gue pengen linear ama cita-cita gue, kerja di luar negeri. Sebenernya, kalo bisa tamat SMA gue pengen langsung kuliah aja di luar negeri, tapi sayangnya gue bukan dari keluarga konglomerat yang punya cukup duit untuk bisa bersekolah di sana. Bahkan, untuk menempuh pendidikan hingga sampe ke bangku perkuliahan aja gue sering mengais-ngais beasiswa untuk mengurangi beban orang tua gue.

Untungnya, berhubung SMA gue dibiayai oleh PT. Timah, maka kami-kami yang berhasil tembus perguruan tinggi negeri melalu jalur SNMPTN, akan dibiayai oleh PT.Timah selama satu tahun. Waktu masuk semester pertama, gue bener-bener belajar yang giat. Gue pengen buktiin kalo gue bisa ngedapetin apa yang gue mau. Gue rajin ikut seminar-seminar beasiswa dan seminar kuliah di luar negeri. Waktu itu gue tertarik pengen ke New Zealand, you know guys? Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa full di sana minimal punya IPK 3,9!! Ahh... gue nyerah deh. Gila aja, itu kan udah hampir perfect. 

Awalnya, pikiran gue cetek banget. Tapi gue berubah. Gue ngerasa apa yang gue impi-impikan selama ini tinggal sejengkal tangan buat diraih. Intinya selama semester pertama, gue berusaha melakukan yang terbaik, buat gue dan buat keluarga gue. Alhamdulillah, usaha gue gak sia-sia. IP pertama gue sumacumlaude. Gue dapet IP 4,00. Alhamdulillah...

Gue optimis. Ini langkah gue untuk semakin dekat keluar negeri. Gue mulai daftar seminar sana-sini, jadi volunteer, dan lain-lain. Gue sempet keterima ikut Youth Camp di Amerika Selatan di akhir tahun 2012, tapi gue gak sanggup karena butuh modal yang kalo pun ada bisa gue pake buat nge-umroh-in bokap ama nyokap gue. Kemudian awal 2013 gue juga keterima jadi volunteer di Slovakia, tapi gak dikasih nyokap gue karena kata nyokap gue negaranya nggak jelas dan sering terjadi kerusuhan. Nyokap gue takut gue gak bisa pulang-lagi. Selanjutnya gue juga keterima ikut OxiMUN, Model United Nations di Oxford. Tapi lagi-lagi gak jadi karena kita saingan ama anak Fakultas Hukum yang notabene lebih senior dan lebih banyak fulusnya dari kita yang baru seumur jagung jadi mahasiswa.
Gue gak nyerah. Masih lanjut nerusin perjuangan keluar negeri gue dengan daftar kuliah di Kyunghee University, Korea Selatan. Sayangnya, waktu itu gue belum tau apa-apa. Belum tahu cara bikin Motivation Letter yang baik, bikin CV yang profesional, cuma ambisi gue aja yang gak sabaran pengen keluar negeri. Jadinya, gue gak diterima karena mungkin dokumen yang gue submit asal-asalan.

Gue lelah. Keseringan gagalnya. 



Gue sempet nangis. Tapi gue gak berhenti gitu aja. Gue masih inget banget pas malem-malem di kosan gue bengong ngeliatin laptop. Nyetelin instrumen musik klasik sambil lampunya gue matiin, cuma pake lampu tidur doang. Gue senengnya buka twitter. Liat gambar-gambar pemandangan dari berbagai belahan dunia melalui akun @TheWorldStories atau @worldwwide. Banyak banget gambar-gambar menakjubkan yang bikin gue tiba-tiba merinding. Seolah-olah gambar itu bisa ngomong ke gue dan bilang kalo suatu hari nanti gue bakal bisa dateng ke sana. 

Gue cuma bisa bedoa dan memohon kepada Allah untuk mempermudah urusan gue untuk mengejar cita-cita. Kadang gue sempet iri liat temen-temen gue yang uda pernah ke Amrik, Jepang, Russia, Thailand... sementara gue belum dikasih kesempatan. Tapi gue tetap optimis. Allah punya rencana yang paling baik.

Perjalanan gue untuk bisa abroad gak cuma sekedar itu-itu aja. Gue sempet sharing ama temen gue yang juga punya keinginan sama kayak gue. Dia cerita kalo temennya sekarang ada di Jerman selama satu tahun sebagai aupair. Aupair itu semacam kakak asuh di sana. Jadi kita tinggal di sebuah keluarga dan bertugas untuk menjaga anak-anaknya. Kita di sana diberikan fasilitas layaknya anak sendiri, dan diberi uang saku yang bisa kita gunakan untuk masuk sekolah bahasa di sana.

Gue tertarik. AKhirnya gue bikin akun aupair. Gue pasang profil semenarik mungkin. Awalnya gak dikit juga keluarga-keluarga yang nolak gue karena gue pake jilbab, tapi ternyata ada juga keluarga dari Italia yang ngirim pesan ke gue kalo tertarik ngangkat gue jadi kakak asuh anak-anaknya. Kita sempet chat beberapa kali, dan tiba gilirannya uda mau deal dan perkenalan lewat Skype, guenya malah pergi ke Semeru bareng temen-temen SMA gue. Dan juga, setelah gue nanya persetujuan orang tua gue, jawabannya adalah NGGAK BOLEH. Orang tua gue gak ngizinin gue kerja di sana, mana gue belum pegang ijazah. Tapi gue ngotot aja terus pengen jadi aupair. Ada juga keluarga dari Spanyol, Perancis, Jerman, yang ngirim inbox ke gue, bahkan satu keluarga dari Jerman yang beragama Islam meminta gue buat ngajarin anak-anaknya bahasa Arab. Kita udah hampir deal, tapi memang, ridho Allah itu terletak di ridho orang tua. Orang tua gue nggak setuju. Dan akhirnya... semua gagal.

Gue nangis.
Gue sampe marahan ama orang tua gue. Ya.. gue tau gue egois banget saat itu. Gue cuma mikir kepentingan gue doang, tapi nggak mikir perasaan orang tua gue. Gue nyesel banget udah bertindak kekanak-kanakan kayak gitu. Orang tua gue nelfon gak gue angkat, sms juga gak gue bales. Di kampus, gue lesu nggak bergairah belajar. Gue down lah ibaratnya. Kenapa gue selalu gagal padahal gue tau semua itu tinggal dikit doang untuk digenggam.





Setelah beberapa hari gue baru sadar dan ngerasa bersalah banget. Gue mohon ampun ke Allah uda segitu bodohnya. Gue terus-terusan berdoa. Gue minta ke Allah... gue pengen dimudahkan segala urusan gue. Akhirnya gue minta maaf ama orang tua gue. Intinya, dari semua kejadian yang gue alami, kuncinya ada di orang tua gue. Kalo mereka ridho, Allah pun pasti akan ridho.

Beberapa hari berjalan normal. Gue istirahat dan menghentikan aktivitas perkepoan gue tentang segala kesempatan ke luar negeri. Tiba-tiba nyokap gue nelfon, nanya gue mau berangkat ke Jepang apa enggak. Ya gue jawab iya lah. Gue pikir mau diajak jalan-jalan apa gimana. Ternyata gue langsung disuruh pulang ke Bangka keesokan harinya. Gue kaget. Gak tau ini mau persiapan apa, tiba-tiba langsung dikirimin duit untuk beli tiket ke Bangka. Pas nyampe rumah, istirahat satu hari, besoknya gue dikutsertakan untuk program seleksi Jenesys.

Waktu seleksi, gue berusaha memberikan yang terbaik karena gue mikir orang tua gue uda segitu sayangnya ama gue sampe rela-rela nyuruh gue balik padahal harga tiket dari Semarang ke Bangka itu nggak murah. Gue juga nggak mau bikin mereka kecewa. Gue sedih tiap liat muka ortu gue yang selalu semangat buat bikin gue sama adek-adek gue jadi orang yang sukses. Gue usahain semaksimal mungkin apa yang gue bisa. 

Waktu tes Jenesys di tingkat provinsi, kita dites bahasa Inggris, psikotes, dan tes fisik. Dari semua tes ini yang paling gue takutin itu tes fisik, soalnya gue dari SMA paling nggak suka pelajaran olahraga. Tapi tiap gue inget muka ortu gue, gue semangat lagi. Gue harus bisa!
Hingga akhirnya gue berhasil ngelalui tahap-tahap tes fisik, bahkan waktu sit-up dan push-up skor gue paling gede. Gue bersyukur. Allah selalu ada buat bantuin gue. Dan akhirnya gue dipilih untuk mewakili Provinsi Bangka Belitung untuk Jenesys 2014 ke Jepang. Sayangnya gue belum tau pasti kapan kegiatan ini akan dilaksanakan, tapi terakhir dari informasi yang gue dapet acaranya bakal dilaksanain bulan Agustus ini.


Gue bersyukur ya Allah. Gue nggak ngecewain ortu gue.
Selain itu gue bersyukur menjelang akhir tahun 2013 kemaren gue diberi rezeki oleh Allah untuk lolos tes Jenesys dan akan diberangkatkan ke Jepang.




Gue kembali ke Semarang.
Ngurusin surat untuk kelengkapan berkas Jenesys. Setelah itu gue pergi ke ICT Centre Undip buat les bahasa Turki. Turun dari lantai 4 menuju pintu keluar gue baca pengumuman yang ditempel di sebelah International Office Undip. Ada pengumuman kalo bakal dibuka seleksi pertukaran pelajar ke Korea Selatan selama satu semester. Waa... gue tertarik. Liet persyaratan dokumennya ternyata gak terlalu ribet. Akhirnya gue coba submit dokumen gue, dan seminggu kemudian ternyata nama gue ada di urutan paling atas. Cuma disaring 4 orang mahasiswa dari seluruh mahasiswa yang mendaftar untuk lanjut ke tahap interview. Beberapa hari setelah tes interview gue liet pungumumannya ternyata gue kepilih. 





Alhamdulillah... gue bener-bener nggak kebayang sebelumnya diberikan rezeki oleh Allah sebanyak ini. Gue bersyukur... bersyukur banget. Akhirnya apa yang gue idam-idamkan sejak 6 tahun yang lalu akhirnya dikabulkan.

Gue inget waktu ikut seminar beasiswa tahun lalu, seorang bapak-bapak yang memperoleh 7 beasiswa luar negeri sekaligus! Awalnya memang nggak mudah. Bahkan beliau sudah berpuluh-puluh kali gagal untuk ngedapetin beasiswa itu, tapi pada akhinya usahanya selama itu nggak sia-sia. Tujuh beasiswa luar negeri sekaligus diperolehnya dalam satu genggaman. 


Banyak banget pelajaran hidup yang gue peroleh selama 2013 lalu. Perjuangan gue, kerja keras dan semua usaha gue, harapan dan doa-doa gue, semuanya nggak ada yang sia-sia. Allah Maha Adil kok guys. Apa yang kita peroleh, itulah hasil dari apa yang kita usahakan. Kalaupun bukan sekarang, entah suatu hari nanti, kita pasti bakal mengecap manisnya pengorbanan yang telah kita usahakan. ;)


4 comments:

llaviosagita said...

sangat menginspirasi ichaaa :*

Unknown said...

Makasih Olla... :)

Unknown said...

Subhanallah ukhtii..
pengen kyak tu O:)

Unknown said...

Hai Guys mau kursus singkat Hotel langsung kerja???? Kini hadir Lansima Hotel Course ( LHC ). Penempatan kerja cepat & terjamin di hotel bertaraf internasional di dalam negeri dan di luar negeri seperti: Intercontinental Hotel, Oberoi Hotel, Moevenpick Hotel, Crown plaza Hotel dll. Info lanjut browse www.kursushotel.com Hubungi Sri Setianingsih 089693945521 atau E-mail ningsih@kursushotel.com Segera Raihlah Kesempatan Kerja & Karier di Hotel Internasional.

Post a Comment