Feb 3, 2014 | By: Unknown

Kuliah Singkat di Pesawat

Hoahh... senengnya gue hari ini. Sekarang uda bisa leye-leye lagi sambil guling-guling di kamar sendiri. Gue nyampe rumahnya minggu kemarin sih. Jam 10 pagi. Eh, pas di mobil gue ketemu ama temen SMA gue, Devy. Ternyata dia mau pulang ke Palembang. Dan para penumpang lainnya juga ternyata punya tujuan sama, mau balik ke Palembang. Jadinya itu di mobil kita kebut-kebutan buat ngejer kapal, soalnya berhubung sekarang anginnya lagi gede banget jadinya dari Mentok ke Palembang kapal yang berangkat cuma satu doang. Tau nggak sih, gue di mobil uda hampir semaput. Apalagi nyokap gue. Itu sopir yang bawa mobilnya ngebuuuuutt banget. Udah berapa kali kita hampir tabrakan ama mobil lainnya coba. Gila! Dan pas kita nyampe (ini jilbab gue uda gak tau lagi bentuknya gimana), ternyata kapalnya uda berangkat guys dan kita (mereka maksudnya) akhirnya tetep ketinggalan kapal juga.




Oke, lupakan tentang sopir abal-abalan tadi. Lanjut ke cerita semula. Niatnya gue pengen nulis di blog kemaren malem buat ngelanjutin cerita yang sempat tertunda. Tapi apadaya, ternyata di sini sinyal Sm*rtfr*n kagak ada. Jadilah gue muter-muter dulu buat ngisi pulsa modem yang lainnya. Oya, ceritanya kemaren itu belum selesai deng. Pas gue lagi di pesawat dari Semarang menuju Jakarta, ceritanya baru jalan setengah episode loh. (read this). 

Nah, cerita yang paling seru menurut gue di bagian ini. Waktu gue mau connect penerbangan dari Jakarta ke Pangkalpinang. Gue dapet tempet duduk 27 A. Gue emang senengnya duduk dekat jendela, jadi tadi pas ditanya petugas check in gue uda request mau tempet duduk di sebelah jendela. Ternyata yang duduk di sebelah gue nggak ada. Adanya bapak-bapak yang duduk di kursi 27 C, sementara 27 B nya kosong.
Bapak-bapak ini ternyata ramah. Beliau yang duluan nyapa gue dan ngajak gue ngobrol. Awal percakapan kami bermula dari si Bapak yang nanya asal gue dari mana, terus semakin berlanjut dan gue nggak sadar selama perjalanan dari Jakarta ke Pangkalpinang yang kurang lebih memakan waktu 55 menitan, gue sama si Bapak udah cerita panjang lebar. 

Ternyata si Bapak, yang kemudian gue baru tau ternyata beliau ini adalah dosen Psikologi di salah satu universitas ternama (tapi uda pensiun), mau menghadiri hajatan pernikahan saudaranya yang ada di Sungailiat. Waktu tau beliau ini adalah dosen psikologi, gue rada nervous juga, takutnya entar gue dikasih pertanyaan yang susah-susah, atau gue dites ini itu buat ngeliat kepribadian gue yang sebenernya gimana. Eh, ternyata bener. Gue ditanya-tanya juga akhirnya -_-". Gue nggak tau juga sih, ini pertanyaan buat ngetes gue ap gimana, pertanyaan pertama yang dilontarkan adalah gimana perasaan gue jadi anak pertama di keluarga???

Eng ing eng.... untuk sementara waktu gue cengar-cengir gaje dulu. Gue mikir. Gue harus jawab pake versi idealisme apa realisme nih?? Apa pake versi ecek-ecekan gue? Masalahnya di depan gue ini dosen profesional brooh... Takutnya salah-salah jawab lagi, mana beliau juga uda tau kalo gue kuliah di universitas mana. Nah lo...
Well...  daripada gue mikir kelamaan dan juga ini pengaruh ketinggian bikin gue rada-rada mual akhirnya gue kasih jawaban yang natural. Gue bilang aja kalo jadi anak pertama itu ya.. pasti ada enaknya dan ada juga enggaknya. Gak enaknya kalo menurut gue, bebannya lebih gede dan uda pasti harus jadi orang sukses  biar adek-adeknya juga bisa nyontohin. Singkat aja. Si Bapak manggut-manggut, terus senyum. Bikin gue tambah deg-deg ser takutnya di akhir sessi permbicaraan gue malah dikasih kertas selembar yang berisi catatan kepribadian gue yang nggak lulus standar KKM. 



Gue pikir cuma itu doang yang ditanya. Ternyata pertanyaannya masih banyak sodara-sodara. Lolos pertanyaan pertama gue ditanya lagi. Kali ini menjurus ke arah, ehm, "calon". Awalnya si Bapak cerita-cerita kalo beliau sering ngelakuin riset di daerah-daerah marginal, terus meneliti kehidupan anak-anak kost, dan sebagainya. Gue juga sempet ditanya-tanya kost nya di Semarang gimana, terus biayanya berapa, kamar mandi diluar apa di dalem, de el el. Terus si Bapak langsung nanya to the point. "Calonnya orang mana nih?"

Ebuset, gue shock dah. Haha... Gue tarik nafas dalem-dalem. Terus ngomong, "Emm.. maaf Pak tadi pertanyaannya apa?" gue nanya lagi buat ngemastiin itu pertanyaan bener buat gue?

"Calonnya orang mana?" kata si Bapak dengan selo nya.
Seperti biasa, jurus andalan gue, cengar-cengir dulu sebelum ngejawab pertanyaan. Gue pusing nih, ini pertanyaan lebih memusingkan menurut gue dari soal UAS mata kuliah HAM dalam HI. 


"Emm.. belum ada sih Pak, belum kepikiran juga, hehe. (Maunya sih dapet jodoh orang luar negeri Pak, kalo bisa artis atau nggak presdir gitu lah.)" akhirnya gue jawab juga, tapi kalimat terakhir gue jawab di dalem ati doang, hehe. Si Bapak langsung kontan ngeliat shock ke arah gue. Gue rada-rada salting gitu. Gue pikir, tau gue belum punya calon, si Bapak pengen ngejodohin gue ama anaknya...

"Usia kamu sekarang berapa?" kata beliau. 
"Sembilan belas tahun, Pak. Masuk dua puluh sih." kata gue. Gue pikir kalimat selanjutnya yang bakal dilontarkan si Bapak adalah "Anak Bapak cowok loh, baru aja wisuda. Kayaknya kamu kriteria yang cocok deh buat anak Bapak, kamu mau Bapak jodohin..?"

Eh ternyata...
"Kamu seharusnya uda punya calon sekarang, setidaknya kamu kuliah sambil juga lirik-lirik di sekitarmu apakah ada yang cocok atau enggak. Bapak sarankan, jangan yang seangkatan karena emosinya masih labil. Paling tidak kamu cari seniormu atau minimal tiga tahun di atas usiamu. Karena sudah pasti dia bakal mengayomi kamu. Bapak kasih tau ya, wanita itu jenjangnya pendek loh. Ngerti kan maksudnya? Wanita itu ada batas usianya beda kayak laki-laki yang mau usia berapa pun itu nggak masalah buat dia untuk menikah. Nah, dalam agama kita juga diajarin kan, kalo sebaiknya wanita itu menikah muda. Karena ini juga berpengaruh untuk sistem reproduksi wanita. Karena semakin bertambah usia, maka istilahnya itu wanita akan menurun masa kesuburannya dan bla..bla..bla... (gue lupa gimana rincian kalimatnya"

Hah..??? Gue nggak mengira akan sejauh itu...

Percakapan panjang selanjutnya :
Gw  : Saya belum ada kepikiran buat nikah muda, Pak. Soalnya saya mau S2 dulu
Bpk : Nah, ini yang selalu bapak bilang ke murid-murid bapak. Jangan terlalu ambisius. Kasian dengan generasi selanjutnya, kamu pernah nggak liat wanita yang masih muda, berkarya, dan sudah punya anak-anak yang sudah dewasa dan mereka sukses juga?
Gw  : Eng.. ada sih pak.
Bpk : Nah iya, bahagia kan?
Gw  : Eng.. iya pak *garuk-garuk pipi*
Bpk : Nah, begitu. Kamu juga bisa S2 tapi bapak sarankan menikah dulu. Nanti minta izin suami buat lanjut kuliah S2 nya. Kan hepi... Sekarang pilih mana? 
Gw  : pilih hepi sih, Pak
Bpk : Iya, emang begitu seharusnya. Jangan sampe wisuda S1 nanti kamu baru nyari jodoh. Wahh... sudah telat itu.
Gw  : oh.. begitu ya Pak (sambil menghayal, pas gue wisuda nanti di sebelah gue ada Kim Hyun Joong)
Bpk : Iya, makanya bapak ngomong begini bukan ada apa-apanya. Bapak cuma senang memotivasi mahasiswa-mahasiswa. Kebetulah Bapak duduk di sebelah kamu, kalo duduk di sebelah ibu-ibu Bapak gak akan ngomong beginian. Intinya, kita itu harus seimbang. Jangan sampai berilmu tapi tak perpengatahuan, berpengetahuan tapi tak berilmu. Ngerti maksudnya?
Gw  : hah, apa Pak? *nggak ngeh, masih menghayal Kim Hyun Joong ama gue foto-foto pas wisudaan*
Bpk : ya.. maksudnya harus seimbanglah antara dunia dan akhirat. Kita boleh mengejar ilmu, tapi jangan pernah melupakan akhirat. Keduanya harus seimbang.
Gw  : *ngangguk-ngangguk sambil berkaca-kaca*
Bpk : *liet jam* ya.. sepertinya kita sudah mau sampai. Semoga apa yang Bapak sampaikan tadi bisa jadi motivasi buat kamu. Yang baik-baik dari Bapak tadi datengnya dari Allah, kalo yang salahnya itu murni dari Bapak sendiri
Gw  : *merasa termotivasi* Iya Pak, insyaAllah akan saya inget. Saya sebenernya pernah sih Pak kepikiran buat nyari jodoh orang korea *keceplosan*
Bpk : iya, nggak apa2. Cuma masalahnya yang sulit itu di culture nya. Karena akan sulit sekali menyatukan kebudayaan yang berbeda. Tapi harus diingat, yang terpenting itu imannya. Ibaratnya, kalo wanita itu 5 maka dia harus cari pasangan yang nilainya 7. Apa aja itu yang harus dilihat terutama? Imannya, inteleknya, dan turunannya. Tapi itu juga tidak mengharuskan kita mencari yang sempurna. Karena 'kan memang nggak ada yang sempurna di dunia ini. Kita boleh membuka mata selebar-lebarnya, tapi ingat, tutup hatimu sebagiannya. Paham kan? *senyum penuh makna*
Gw  : iya Pak.
Bpk : ya.. kalo diliat-liat juga kamu udah mirip lah mukanya sama orang korea.
Gw  : hah? iya pak? bapak bisa aja, hehe *dalem ati gue ngakak gak brhenti2* 

Pesawat udah landing. Si Bapak ngeluarin HP dari tasnya
Bpk : Ini foto keluarga Bapak. *sambil nunjukin layar HP* Ini istri Bapak, beliau ada keturunan chinese juga. Anak bapak ada 4. Tiga cowok, dan cewek satu yang paling bungsu. Semuanya udah menikah. Oya, yang kedua ini jurusan HI juga.
Gw  : Hah iya, Pak? Sekarang yang lulusan HI kerja dimana Pak?
Bpk : Dia kerja di deplu. Sekarang lagi di Brazil. 

Gw  : waaw... keren 
Bpk : Iya, dia uda sering ke mana-mana. Kalo di eropa lamanya 10 hari dan selalu pindah-pindah negara, kalo di kawasan Asia paling cuma sekitar 4 hari.
Gw  : Wow... enak ya, sering keliling-keliling dunia. Bapak sendiri udah pernah keluar negeri, Pak?
Bpk : Ya, bapak paling udah pernah ke Swiss, Filipina, Thailand, sama Jepang.
Gw  : Swiss??
Bpk : Iya.. kalo di Swiss panoramanya yang bagus. Apalagi pegunungannya.
Gw  : *meleleh* 

Akhirnya pintu pesawat dibuka. Sebelum si Bapak keluar dan meninggalkan pesawat, beliau sempat menyebutkan namanya siapa dan berkata semoga akan selalu ingat nasehat Bapak selama perjalanan dari Jakarta ke Pangkalpinang ini. Gue tersenyum dan bilang, "Pasti, Pak. Saya akan selalu ingat."
Tak berapa lama kemudian gue nggak liat lagi Bapaknya di mana. Gue juga masih sibuk ngambil tas biola ama tas laptop gue yang ada di kabin pesawat. Pas turun dari tangga pesawat gue sempat terdiam sebentar dan mikir. Tentulah Allah menyisipkan maksud tertentu dengan mempertemukan gue dengan bapak dosen psikologi tadi. Gue masih mikir di depan tangga pesawat. Tak lama kemudian angin berhembus pelan yang menyadarkan gue kalo di belakang gue ternyata masih ada orang yang mau lewat. -_-"

Hingga detik ini, gue masih menimbang-nimbang perkataan Pak Dosen itu. Dan ini kata-kata beliau yang hingga kini masih sering hilir mudik lewat di otak gue. "Jika memang pilihan itu yang mau kamu tempuh, maka perjuangkanlah. Tak masalah nekat, asal bertekad. Jangan sampai hanya nekat saja, tapi tak ada tekad untuk memperjuangkannya..."



0 comments:

Post a Comment