Feb 25, 2014 | By: Unknown

Kangwon National University Spring Exchange Program 2014

Here I am.
Duduk di teras rumah, online, sambil nungguin duren di sebelah rumah gue jatoh. Untungnya, mungkin gara-gara gue yang nungguin, pagi ini durennya langsung 4 yang jatoh. haha..

H-2 sebelum gue berangkat ke Korea. Rasanya... mmm... 

GUE NERVOUS COY...!! *tarik nafas* *buang nafas* *mendadak harlem shake*
Gue kali ini cuma pengen share aja lebih lengkapnya gimana proses diterimanya gue sebagai mahasiswa exchange di Kangwon National University Spring Exchange Program 2014. Okey.. siap??? Cekidoott...!!




Pertama-tama buat temen-temen yang pengen go abroad sebenernya banyak banget jalan yang bisa kita pilih. Tergantung apa tujuan dan kemampuan dana teman-teman. Ini beberapa cara yang bisa temen-temen pake buat ngincer status go abroad dengan minim biaya:

1. Volunteer. 

Bagi yang suka kerja sosial, dengan menjadi volunteer merupakan cara yang tepat untuk keluar negeri. Banyak kok, negara-negara yang membutuhkan volunteer dari berbagai negara untuk membantu melakukan proyek sosial atau semacamnya. Biasanya, kalo dari kampus ada yang namanya AIESEC. AIESEC ini yang nantinya bakal menaungi kamu-kamu yang pengen jadi volunteer di luar negeri. Gak cuma itu aja, AIESEC juga punya banyak program dan proyek sosial lainnya. Atau kalo yang mau dari luar kampus ada namanya IIUWC. Cuma... setau gue kalo kegiatan-kegiatan volunteer beginian pasti modalnya dari kita. Alias, tiket penerbangan pulang pergi nya kita yang tanggung termasuk biaya tetek bengek lainnya. Kalo tempat tinggal ama biaya makan mungkin masih ditanggung ama host country. Tapi ada juga yang katanya bisa dapet full funded atau ngajuin proposal sponsorship ke perusahaan-perusahaan untuk menyokong living cost di luar negeri. Temen sekelas gue ada dua orang yang sekarang lagi jadi volunteer juga melalui AIESEC, Global Youth Ambassador Program. Satunya di Russia dan satunya lagi di Ukraina.


2.Model United Nations. 
Kalo yang satu ini cocok banget buat temen-temen yang hobi speak up, public speaking, dan debat karena kegiatan ini isinya ya itu... kayak sejenis konferensi bersama untuk menemukan sebuah resolusi terkait kasus dan peristiwa internasional yang lagi booming. Jadi intinya kayak modelnya sidang PBB. MUN sendiri ada yang bertaraf domestik, nasional, dan internasional. Kalo ikutan MUN, apalagi yang bertaraf Internasional, menurut gue pasti butuh duit banyak deh (kecuali yang dapet sponsorship mungkin biaya nya masih bisa direduce). Temen sekelas gue juga ada dua orang yang sekarang lagi ikutan acara LIMUN (London International Model United Nations) di London sana.


3. Seminar Internasional.
Nah, kalo yang ini mungkin aja bisa bener-bener full funded keluar negerinya. Karena yang sering gue temuin, banyak banget kegiatan kayak youth summit, youth camp, pelatihan leadership, dll yang dibiayai full oleh penyelenggara termasuk airfare dari negara asal. Bahkan juga dikasih uang saku. Tapi biasanya karena berbau gratis, otomatis, yang dijaring pun bukan orang asal-asalan. Dan ini menurut gue butuh unsur kehokian yang lebih dari 50% untuk bisa diterima ikut kegiatan-kegiatan beginian. Kayak kakak kelas gue, waktu itu gak sengaja maen ke rektorat eh taunya dia ditawarin langsung buat ke India. Terus, ada juga yang ditunjuk langsung buat ikut seminar di Prancis. Ibaratnya kita yang awalnya nggak tau a-b-c-d tiba-tiba langsung disuruh terbang ke luar negeri. Gimana nggak hoki tuh.. 0_0


4.Menang undian. 
Nah... ini juga mantep banget kalo menang undian jalan-jalan keluar negeri. Tapi kalo gue, yang notabene muka nya jauh banget dari unsur hoki, jalan keluar negeri melalui jalur ini udah jauh-jauh hari gue blacklist. Haha... 


5. Exchange program. 
Untuk ikut program ini bisa temen-temen tanyain langsung ke kantor internasional universitas masing-masing. Karena biasanya setiap universitas ada menjalin kerjasama dengan universitas di luar negeri. Kalo UNDIP, salah satunya menjalin kerjasama dengan Universitas Kangwon, di Korea Selatan. Kebetulan untuk program spring semester yang gue ambil, ditawarin beasiswa full. Untuk kuliah biaya ditanggung universitas dan biaya hidup termasuk tiket pulang-pergi ditanggung oleh pemerintah korea, atau dikenal dengan beasiswa GKS. Atau, kalo nggak ada di kampus temen-temen, bisa cari-cari juga di internet seputar universitas luar negeri yang menawarkan kegiatan exchange atau short course.

Nah.. bagian exchange program ini yang mau gue ceritain.. hehehe...

Kangwon National University (KNU) merupakan sepuluh besar universitas negeri terbaik di Korea Selatan, beruntung gue jadi salah satu mahasiswa exchange yang bisa mengecap satu semester pendidikan di sana. Nah, untuk teman-teman UNDIP yang mau ikut tes di program selanjutnya, yaitu program fall, ini beberapa list yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum pendaftaran dibuka, karena biasanya program ini dibuka sangat singkat. Kemaren pas gue mau daftar juga deadline nya cuma seminggu.


Tahap pertama: Seleksi berkas

1. Form aplikasi + foto (nanti bisa didonlot di webnya kalo pendaftaran udah dibuka)

2. Transkrip nilai minimal 3,00 
3. TOEFL minimal 500
4. Passport
5. Certificate of Health (ini nanti tinggal dateng aja ke klinik terdekat atau puskemas)
6. Motivation Letter (satu halaman cukup)
7. Recommendation Letter (sebaiknya minta ke PD 3, tapi gue kemaren minta nya ke Ketua Prodi, nggak apa-apa juga sih, hehe)
8. Curriculum Vitae (maks 2 halaman)
9. Surat keterangan sebagai mahasiswa

Gampang kan???? hehe... yang penting gerak cepat aja. Terutama untuk berkas-berkas yang butuh tanda tangan orang-orang penting kayak PD 3. Masalah motivation letter dan curriculum vitae buat sesimple mungkin tapi sarat informasi. Nggak perlu bertele-tele karena itu mengindikasikan kita yang nggak konsisten.


Tahap kedua : Interview


Setelah berkasnya diseleksi, disaring beberapa orang peserta yang memenuhi kelengkapan dokumen untuk selanjutnya mengikuti tahap interview. 
Pas gue seleksi kemeran dipilih 4 orang untuk ikut interview. Tiga yang lainnya udah semester 7 semua, sementara gue sendirian baru semester 3. Gue awalnya udah ciyut waktu perkenalan. Mereka semua uda berpengalaman banget, sementara gue bukan apa-apa dibandingkan mereka. Tapi gue tetep doa aja. Kalo emang ini rezeki gue, InsyAllah gue bakal dapet. Gue tetep optimis dan jadi diri sendiri selama proses interview. Gue jawab apa adanya aja. Dan alhamdulillah, gue diterima :)


Tahap ketiga : Penyeleksian Berkas di Kangwon National University


Setelah dinyatakan lulus tes interview diperoleh lah kandidat dari UNDIP untuk exchange di Korea Selatan. Meskipun kita sudah dinyatakan sebagai kandidat UNDIP, ada juga kemungkinan kita nggak berangkat karena tergantung dari kampus di sana yang menilai apakah kita layak atau enggak. Pada tahap inilah gue kehilangan berat badan gue paling drastis sepanjang sejarah. Gak tanggung-tanggung, berat badan gue turun 5 kilo langsung!
Seharian gue galau nungguin pengumuman apakah gue dapet beasiswa apa nggak. UNDIP ngirimin dua mahasiswa untuk exchange ke sana. Gue, ama Mbak Candri dari FEB. Di antara kita berdua cuma ada 1 yang dapet beasiswa full. Ini yang bikin hidup gue nggak tenang.
Gue stres banget mikirin LoA nya sampe ke Indonesia lama bangettt....
Ditambah lagi waktu gue tanya ke bagian International Office nya katanya gue nggak dapet beasiswa. Yah... hopeless gue. Kuliah di sana emang gretongan, cuma 'kan biaya hidupnya juga mahal kalo nanggung sendiri. Gue galauuu banget waktu itu. Tapi untunglah, ternyata ada misunderstanding. Setelah gue kontak ke Korea nya, ternyata gue dapet beasiswa full. Alhamdulillah... praise the God :)



Tahap keempat : Ngajuin proposal

Setelah LoA gue terima, saatnya ngajuin proposal. Gue emang dapet beasiswa full dari korea, cuma 'kan biaya pra keberangkatannya juga termasuk lumayanlah, meskipun nantinya juga bakal diganti sesampainya gue di Korea. Pertama-tama gue ngajuin proposal ke fakultas dan rektorat karena dua ini udah pasti ngasih dana. Kemudian gue juga sempet ngajuin proposal ke perusahaan-perusahaan tapi kayaknya sulit untuk tembus. Dan terakhir gue ngajuin ke Pemda ama PT. Timah... dan alhamdulillah, gue dibantu :)


Tahap kelima : Preparing


Selesai ngurusin semua berkas yang bikin kepala gue rada miring, akhirnya persiapan untuk keberangkatan. Beli tiket, ngurusin visa, beli perlengkapan musim dingin, dan latihan percakapan bahasa Korea. Oya, gue juga harus registrasi asrama dan mata kuliah di sana. Untungnya, kita dipandu sama buddy yang udah dipersiapkan khusus untuk mahasiswa exchange di KNU. Buddy itu mahasiswa yang tugasnya nemenin dan bantuin segala urusan kita selama tinggal di Korea. Asyik kan? Gue ama Mbak Candri pertengahan kemaren udah kontak-kontakkan ama buddy kita. Namanya Kim Chul Hui, mahasiswa di KNU yang ambil jurusan Sastra Perancis. Jadi, selama satu semester, Kim oppa ini, ehm, yang bakal nemenin kita ngurusin urusan kuliah di KNU. Dia juga yang bakal jemput kita pas sampe di bandara Incheon nanti.


Kayaknya segitu dulu cukup deh...
Nanti gue bakal share lagi yang unik-unik, hehe...


Oya.. di bawah ini ada beberapa gambar KNU pas lagi musim salju...
Gue ambil dari official website nya KNU :)




Asrama Global Dorm pas musim salju
Asrama BTL pas malem hari
KNU Library
KNU Gym

6 comments:

Handika Sandra Dewi said...

kak, saya juga sedang fund raising untuk kegiatan sejenis, boleh share proposal sponsorshipnya?

terima kasih

Unknown said...

Hai Dika... uda aku kirim ke emailmu. Good luck ya :)

Unknown said...

Hi, kak
boleh saya minta proposal sponshipnya untuk referensi. kakak bisa kirim ke khoiri.n19@gmail.com

terima kasih :)

Khoiri

Unknown said...

Keren udah ikut program gituan. Btw, saya sedang nyari sponsor buat program sejenis juga, apa bisa share contoh proposalnya? :)

Makasih

Unknown said...

boleh share ke email ellamarlena25@gmail.com ga? makasih kak

Unknown said...

mbak ini program ke korselnya buat anak undip doang kah? trims

Post a Comment