Feb 22, 2014 | By: Unknown

Me, Airplane, and Train

Uda malem minggu aja nih... (eaaa...)
Gue masih inget malem minggu kemaren, waktu gue ngabisin semalem suntuk di kereta api Tawang Jaya jurusan Semarang ke Jakarta. Garis bawahi, gue sendirian!! S.E.N.D.I.R.I.A.N. (lebe lo cha -,-)



Gue... sendirian ke jakarta naek kereta api bawa buntelan tas kemana-mana. Awalnya gue gak berani dan gak bakalan mau naek kereta sendirian apalagi malem-malem kayak gitu. Tapi... demi pulang ke kampung halaman tercinta, gue rela ngejalanin itu semua. Soalnya gak ada opsi lain yang bisa gue ambil.

Masih inget kan? Malem jumat kemaren tanggal 13 Februari 2014 sekitar sekitar pukul 22.30 kalo gak salah gue, Gunung Kelud lagi ngamuk. Waktu itu gue gak tau apa-apa. Perasaan gue keadaan di dunia ini aman sentosa dan damai-damai aja. Gue ngerasa hepi karena permohonan cuti gue ke kampus udah kelar, ditambah gue dapet tiket SRG-PGK tanggal 14 nya yang paling murah, dan sorenya gue shopping perlengkapan musim dingin bareng Bari, asisten setia gue selama 5 tahun terakhir ini. FYI (sebenernya informasi gak penting sih, hehe... cuma pengen nyisipin dikit tentang temen unik gue satu ini) Bari itu temen gue sejak SMP. Cowok. Tapi gue baru kenal ama dia pas masuk SMA soalnya waktu SMP kita boarding school. Nah, mulai dari SMA itu kita jadi temen deket, sampe kuliah sekarang kita juga di tempet yang sama. Gue masih inget dulu waktu SMA, Bari kan masih mungil, jadi terpaksa gue yang boncengin dia naek sepeda ontel dari asrama ke sekolah (gue berasa jadi emaknya Sinchan waktu itu -_-). Sekarang, setelah dia uda gede giliran dia yang goncengin gue naek motor kemana-kemana. Seperti saat sekarang, waktu gue minta dianterin nyari tiket, beli makan, sampe beli pernak-pernik aksesoris, dll. Ya... gue mesti nanya-nanya dulu ke dia buat beli aksesoris ini itu, secara... dia memang lebih sensitif daripada gue untuk hal fashion. 

Malemnya kita makan ayam geprek bareng (dan di sana kita berdua rebutan bakul nasi -_-"!)Nah.. pas malemnya itu pulang makan bareng Bari, gue chatting ama temen gue Melani yang rumahnya ada di Kediri. Waktu itu kalo gak salah sekitar jam 10-an. Kita inbox-inbox- an saling tanya kabar. Gue gak ada feel apa-apa waktu itu kalo bakal terjadi sesuatu yang WOW setelah beberapa menit kemudian. Akhirnya gue tidur, karena besoknya gue mau berangkat ke Bandara Ahmad Yani buat cus ke Bangka. Dan demi menghemat ongkos perjalanan, gue pake jasanya Bari lagi. Kalo berdasarkan perhitungan gue, naik taksi dari kos ke bandara bakal ngeluarin duit 50 ribu lebih plus embel-embel biaya untuk jalan tol-nya. Kalo yang nganterin Bari, gue cuma ngeluarin duit 20 ribu buat beli bensin PP dari kos gue ke bandara.... Haha.... lumayan.

Besok pagi masih tanpa ada feel apa-apa gue semangat banget mau pulang. Biasanya emang kalo mau pulang, gue selalu ngambil jam keberangkatan pagi sekitar pukul setengah 7, tapi berhubung pengen menghemat tadi, gue milih tiket yang berangkat pukul 10 karena tiketnya lebih murah 100 ribu. Well.. sampailah gue di bandara. Iseng-iseng nunggu boarding pass, gue internetan. Buka FB. Baca isi beranda kok isinya pada #prayforKelud semua. Buka twitter juga sama. Gue masih belum ngeh. Gue baru sadar setelah temen gue yang di Solo update status nanyain keadaan yang ada di Semarang gimana. Bahkan dia ngupload foto halaman rumahnya yang udah berwarna putih semua!

Gue buru-buru check di berita online. Dan bener aja, ternyata semalem Gunung Kelud meletus dan abu vulkaniknya uda ke mana-mana bahkan uda sampe Cilacap. Gue langsung sms temen gue, Melani, nanyain kabar dia ama keluarganya di Kediri gimana. Soalnya jarak rumahnya ama puncak Gunung Kelud cuma 25 km doang! Dan udah seperti yang gue duga sebelumnya, tempetnya Melani juga kena. Dan orang-orang di daerahnya pada ngungsi semua. Beruntungnya, rumah Melani deket pengungsian. Jadi dia masih bisa stay di rumah  dan kalaupun terjadi apa-apa gak bakalan jauh kalo mau langsung ke pengungsian.

Gue langsung sibuk sms nyokap ama bokap gue. Heboh sendiri ngabarin berita meletusnya Gunung Kelud. Sementara gue gak sadar, kalo meletusnya Gunung Kelud ini juga bakal berimbas buat gue yang uda hebring pingin pulang. Perasaan gue mulai gak enak setelah semua penerbangan di delay. Bahkan beberapa penerbangan ada yang dicancel, terutama penerbangan tujuan KL. Gue pikir sih, mungkin itu buat penerbangan internasional aja. Ternyata satu persatu penerbangan domestik pun dicancel juga. Huwh... gue mulai panik. Tapi gak beberapa lama kemudian Garuda muncul. Dan masih bisa melakukan penerbangan tujuan Jakarta meskipun sempat tertunda beberapa lama. Gue berharap, di Semarang gak terjadi apa-apa dan gue juga bisa pulang dengan selamat.

Sayangnya.. setelah beberapa menit Garuda melesat ke udara, terdengar bunyi pengumuman dari pengeras suara. Serius, perasaan gue udah aneh waktu itu. Bener aja. Ternyata semua penerbangan dari Bandara Ahmad Yani pada hari itu dibatalkan!

Gue... gue... gue gak sanggup berkata-kata lagi (hiks). Gue... merasa dicampakkan oleh maskapai penerbangan. Gue galaauuu... gue.. gue... gue MAU PULAAANNG... Huaaa...





Gue lemes. 

Bengong.

Mikir.

GUE PENGEN PULAAANG...

Aaaa... waktu itu yang di pikiran gue cuma pengen pulang ke rumah. Gue buru-buru minta biaya airport tax yang tadi uda gue bayar, lapor ke bagian check in, dan minta kembalian duit tiket. Sialnya, duit gue baru dikembaliin setelah 1 ampe 2 bulan! Dih...
Gue langsung cabut naek taksi. Gila... bayarnya 70 rebuuu.. ini mah 3x lipat bayar ongkosnya Bari -,-. Tapi gue gak peduli yang penting gue mau pulang! Gue mau pulang...! 

Pasti kalian heran kan kenapa gue ngebet banget mau pulang?
Soalnya gue uda janji mau ketemu Bupati buat nyairin dana proposal...
Kalo gak karena duit, gue juga gak ngebet segininya sih..:D hehe
Selain itu juga gue ngerasa waktu gue di rumah bakal berkurang, soalnya gak lama lagi gue mau berangkat exchange ke Korea.

Gue langsung minjem laptopnya Mbak Maya sesampainya di kost. Searching sana-sini nyari tiket kereta ke Jakarta tapi kosong!! Telfon segala nomor travel tapi jawabannya benar-benar membahagiakan. Seat nya uda penuh semua!! Aaa...

Gue gak bisa mikir lagi. Hari itu udah hari Jumat. Minggunya gue harus uda ada di rumah. Bandara Ahmad Yani juga belum tau kapan bisa kembali normal. Gara-gara pusing mikir, gue akhirnya makan mie instan 2 bungkus ditambah soto 1 mangkok gak pake gorengan. Gue makan lahap banget! Selain karena gue frustasi, gue juga laper berat gara-gara di bandara tadi. 

Sabtunya gua uda tekad, apapun yang terjadi gue harus pulang. Sore itu, sambil ujan-ujanan, gue dianterin Mbak Ratih ke Stasiun Poncol buat beli tiket Semarang ke Jakarta. Stasiun kena banjir, tapi tetap gak menyulutkan semangat gue buat pulang. Tiket eksekutif uda abis. Sisa cuma tiket ekonomi seharga 80 ribu. Gue bersyukur yang sisa tiket ekonominya bukan tiket eksekutif. Dan beginilah akhirnya... Malem minggu sekitar jam tujuh malem gue uda ngedate bareng bapak-bapak yang duduk di seat depan gue di gerbong tambahan paling belakang kereta Api Tawang Jaya(T_T)
Gue kan orangnya parnoan ya... jadi gue gak bisa tidur semalem suntuk di kereta. Sementara si bapak yang duduk di depan gue dari sejak gue masuk kereta sampe uda tengah malem beginiian kerjaannya sama aja. Tidur. -_-

Jam setengah dua pagi gue sampe Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Kata Mbak Ratih, yang memang asalnya dari Jakarta, Stasiun Senen itu emang yang paling rawan. Gue disuruh nunggu sampe subuh dulu baru boleh naik taksi. Nyokap gue juga nyaranin begitu. Takutnya ntar malah gue diapa-apain. Perasaan gue uda gimanaaa gitu waktu dinasehatin kayak gitu. Awalnya gue pengen nunggu aja seperti yang disaranin nyokap gue ama Mbak Ratih, tapi waktu sampe Stasiun Pasar Senen kok ya malah rameee..banget. Gue malah gak tau di mana gue harus duduk buat nunggu. Lagian gue juga niatnya emang pengen pulang ke Bangka nya sepagi mungkin. Akhirnya, dengan memutuskan urat malu gue untuk sementara, gue nguping pembicaraan ibu-ibu yang ada di belakang gue. Ibu itu bilang sama ibu yang di sebelahnya, katanya dia mau langsung ke bandara aja. 

Aha!!
Langsung aja gue balik badan dan nyamperin tuh ibu-ibu. Pasang senyum semanis mungkin, meyakinkan, dan penuh ekspresi butuh belas kasihan. Gue dengan nggak malunya minta nebeng ama tuh ibu-ibu buat naek taksi bareng ke bandaranya. Si Ibu (penampilannya kayak ibu-ibu arisan yang pake cincin dan gelang rentetan) setuju-setuju aja gue ikut. Eh, ternyata si ibu gak sendirian ding! Dia sama anak cowoknya yang ternyata ada di belakang. Anaknya ngeliatin gue, yang kalo gue terjemahin arti pandangannya itu... "Dih, elu sebenernya mau menghipnotis emak gue kan? Mau ngejambret gelang emak gue kan? Pake tampang sok polos lagi. Iya kan? Ngaku aja lu. Dasar modus lu. Bilang aja lu mau ngedeketin gue..." #eh


Dan akhirnya alhamdulillah... gue ke bandara bareng ibu-ibu tadi. Ternyata dia sama anaknya mau balik ke Banjarmasin. Setelah nego ke supir taksinya, akhirnya kita langsung meluncur ke bandara. Gue pikir, ni ibu pasti orang kaya. Kayaknya yang bakal bayarin taksi dia semua deh. Palingan juga dia kasihan liat muka gue uda kumel kayak gini. Gue uda senyam-senyum. Seneng karena gak bakal ngeluarin lembaran uang dari dompet gue.

Pas nyampe bandara... 
Ibunya ngomong ke gue, "Mbak, mbaknya mau ngasih ke saya berapa?"
Gue cengo. "Ha..?? Ap... apa, Bu...?"

Ibunya langsung ngeluarin beberapa lembar uang. "Ini uang taksi saya ya, Mbak. Nanti sisanya Mbak yang bayarin..." Si ibu sama anaknya langsung turun dan ngeloyor pergi.

Gue.... : (-___-")



Gatot deh hari ini gue ngirit. Ternyata gue disuruh bayar juga. Dan setelah gue itung-itung, si ibu kan berdua ama anaknya, kalo dibagi tiga, masih gedean bayaran gue dari pada sepasang anak dan ibu yang ke Banjarmasin tadi. T_T

Tapi... sudahlah, yang penting gue selamet sampe bandara. Setidaknya ada yang nemenin gue di taksi tadi. Waktu tiba di bandara baru menunjukkan pukul setengah tiga pagi. Gue langsung beli tiket tujuan Pangkalpinang untuk penerbangan paling pagi.

Alhamdulillah lancar... gue bisa sholat isya di musholla dan melanjutkan sholat shubuh di terminal B6. Di mushola gue ketemu ibu-ibu lagi. Tapi kali ini beda tipe nya dengan ibu-ibu yang naek taksi bareng gue tadi. Ibu ini ramah dan enak diajak ngobrol. Akhirnya kita berdua mulai terlibat beberapa pembicaraan dan uda mulai deket... (eaa...). Si ibu bawa oleh-oleh buat cucunya yang di Pangkalpinang buanyaak banget. Gue kasihan, jadi gue ikut bantuin bawa sekardus besar buah stroberi waktu uda mau masuk pesawat dan masukin ke bagasi atas. Kita duduknya pisahan, sementara si ibu masih ngeliatin gue terus-terusan.
Gak rela mungkin gue jauh-jauh... (halah).

Selama penerbangan naek pesawat baru kali ini gue kebo banget. Baru aja gue duduk, masangin seat belt, dan nyari-nyarai posisi wuenak, mata gue langsung pejem tanpa dikasih aba-aba. Gue langsung molor. Gue gak sadar tu pesawat kapan take off-nya, kapan pramugari ngasih kuenya, tau-tau aja pas gue bangun, pesawatnya uda landing (0_0).
Gue ngantuk banget, soalnya semalem suntuk gue begadang di kereta api.
Dan syukurnya penerbangan mulus dan gue sampe Pangkalpinang dengan selamat. :)
Gue bantuin ibu-ibu tadi buat ngambil stroberi dari bagasi dan bawain sampe uda masuk ke bandara. Pertemuan gue sama si ibu akhirnya berakhir ketika gue harus lanjut perjalanan ke Mentok, sementara si ibu tetap di Pangkalpinang.


Aaaa... akhirnya... setelah perjalanan yang melelahkan ini, gue bisa balik ke rumah lagi.
Gue ngerasaa kangeeen banget, padahal cuma seminggu gue ninggalin rumah.



You know, wherever you go, even you've travelled arround this world and found the amusement everywhere, but the best place in this world is only your home :)

0 comments:

Post a Comment